Kamis, 12 Januari 2017

Keterampilan abad 21 dan Kurikulum IPA SMP

UAS TELAAH KURIKULUM IPA SMP
Elfrida Khairi Santi
11140161000021
Pendidikan Biologi 5A
UIN Syarif Hidayatulla Jakarta

Pentingnya Mempersiapkan Soft Skill Siswa SMP untuk Menghadapi Persaingan Abad 21
            Tahun 2016 telah genap dilalui dan meninggalkan sejumlah PR yang masih harus dikerjakan. Sebagai negara anggota ASEAN kabar tentang program Masyarakat Ekonomi ASEAN pasti santer kita dengar. Progam MEA yang telah diresmikan pada... . Yang artinya hampir tidak ada lagi ‘batas’ antar negara anggota ASEAN, tentunya masyarakat Indonesia tidak ingin kalah saing dengan negara ASEAN lainnya. Disinilah pendidikan memiliki peran yang besar untuk berupaya mencetak peserta didik yang siap bersaing dan siap untuk membanggakan Indonesia. Para generasi muda Indonesia tidak akan mampu bersaing tanpa mendapatkan pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik bisa didapat dengan adanya kolaborasi antara pemerintah sebagai pengatur kebijakan dan guru sebagai tenaga pendidik. Dalam kurikulum pendidikan perlu disertakan muatan yang bertujuan untuk mempersiapkan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21 ini. Untuk mencapai tujuan pendidikan ini guru dan pemerintah harus berbagi peran. Guru harus memberikan pembelajaran yang bisa mengasah keterampilan abad 21 yang meliputi critical thinking dan problem solving, kreatif dan inovatif, komunikatif dan kolaboratif. Tetapi guru tidak bisa melakukannya jika tidak ada fasilitas yang mendukung seperti buku teks,disinilah pemerintah berperan. Dan pemerintah harus membuat kebijakan dan peraturan yang mendukung pengembangan keterampilan abad 21.
Agar sesuatu menjadi sebuah kebiasaan tentu harus diterapkan sedini mungkin. Begitu pula dalam hal pengembangan keterampilan abad 21. Mengambil contoh dari negara tetangga, Singapura, mereka sangat memperhatikan unsur pengembangan keterampilan abad 21 di dalam buku teks pembelajarannya bahkan pada jenjang pendidikan dasar seperti di SMP. Karena itu alangkah pentingnya mempersiapkan keterampilan peserta didik sedini mungkin agar kelak menjadi sebuah kebiasaan. Sebenarnya di Indonesia pun sudah menerapkan pengembangan keterampilan abad 21 hanya saja penerapannya belum maksimal dan belum menyeluruh pada setiap daerah di Indonesia. Di negara lain seperti Finlandia, selain sistem pendidikan yang dibuat sebaik mungkin, juga ditambah dengan pembekalan tambahan bagi guru dengan memberikan pelatihan untuk guru yang diadakan setiap tahun yang bertujuan agar guru selalu up to date. Guru yang kompeten akan mampu membimbing peserta didik untuk menguasai seluruh keterampilan abad 21. Sehingga siswa diharapkan mampu bersaing dimasa mendatang.
Pendidikan merupakan hal yang mendasar bagi kemajuan suatu bangsa. Pendidikan bukan hanya tugas guru di sekolah melainkan juga tugas pemerintah dan orang tua di rumah. Pendidikan akan berjalan dengan baik jika ketiga elemen pendidikan itu bersinergi. Sehingga informasi mengenai pengembangan keterampilan abad 21 perlu dibahas agar seluruh elemen tenaga pendidik sadar akan pentingnya penguasaan keterampilan abad 21.
Jika dikupas lebih lanjut keterampilan abad 21 sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan dimasa depan khususnya persaingan di era MEA bagi negara anggota ASEAN. Keterampilan pertama yang harus dimiliki yaitu berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan ini harus dilatih sedini mungkin dimana peserta didik harus dilatih agar tidak sekedar menerima informasi secara utuh, namun harus ditelaah lebih lanjut tentang kebenarannya. Dalam IPA hal ini telah dimuat dalam hakikat IPA pada poin proses. Namun selain dapat menkritik peserta didika juga dilatih agar mampu memberikan solusi terhadap masalah yang ditemukannya, jadi tidak hanya sekedar memberi kritik kosong tanpa disertai solusi terhadap pemecahan masalah tersebut. Hal ini akan sangat berguna bagi peserta didik ketika ia sudah masuk di dunia kerja
Keterampilan kedua yang harus dimiliki peserta didik adalah kreatif dan inovatif, bangsa Indonesia sangat memerlukan ide kreatif dari generasi penerus bangsa demi kemajuan bangsa Indonesia. Pemikiran yang kreatif akan berkesinambungan dengan pemecahan masalah, dimana para generasi penerus bangsa diharapkan mampu memecahkan permasalahan di negeri ini dengan pemikiran kreatif yang mereka hasilkan yang tentunya diharapkan dapat bermanfaat bagi bangsa ini.
Keterampilan selanjutnya adalah komunikasi, ide kreatif dan inovasi yang dikemukakan para generasi penerus bangsa akan diterima dengan baik apabila mereka mampu menyampaikannya dengan baik dan mudah dipahami. Tentu saja hal ini memerlukan keahlian khusus, hal ini lah yang perlu dikembangkan oleh para elemen pendidikan.
Keterampilan yang terakhir yaitu kolaboratif atau kemampuan bekerjasama. Banyak orang sukses karena mereka mampu bekerja dalam tim. Hampir tidak ada kita menemukan pengusaha yang sukses mendirikan perusahaannya seorang diri, tentu dia memerlukan kerjasama dengan orang lain.
Ternyata sungguh berat bukan tugas yang akan diemban para penerus bangsa ? jika tidak dipersiapkan sedini mungkin akan sulit bagi para peserta didik untuk menguasai seluruh keterampilan itu. Karena itu saya rasa hal ini perlu untuk dibahas. Maka sangat penting untuk memasukkan pengembangan ketrampilan abad 21. Jenjang pendidikan SMP sudah sangat sesuai untuk menyertakan pengembangan keterampilan abad 21, dimana pada tahap ini siswa sudah mampu diarahkan untuk berpikir tingkat tinggi namun pengantar untuk berpikir tingkat tinggi harus diberikan ketika mereka berada dijenjang SD agar mereka sudah mampu beradaptasi. Sebagai mahasiswa ilmu pendidikan sepertinya sudah selayaknya berpikir untuk ikut mengambil peran dalam pengembangan keterampilan abad 21. Memang tidak semua mahasiswa ilmu pendidikan akan menjadi guru, bisa saja menjadi pemerintah yang berperan dalam mengambil kebijakan dalam bidang pendidikan atau menjadi orang tua yang merupakan pendidik pula bagi anak-anaknya, tetapi kesadaran akan pentingnya pengembangan keterampilan abad 21 harus dimiliki semua elemen pendidikan, agar mereka dapat bereperan sesuai ranahnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar